Penjelasan Pengertian Makna Arti Qualified Opinion adalah

Qualified Opinion dalam Kamus Istilah Dunia Perpajakan untuk Wajib Pajak & Konsultan Pajak di Indonesia, maka Qualified Opinion merupakan kata kata bahasa yang paling sering digunakan oleh para pelaku perpajakan baik akuntansi, bea dan cukai, serta peradilan pajak disertai dengan penjelasan. Dan kata-kata Qualified Opinion tersebut jarang sekali dimengerti & digunakan oleh sebagian banyak orang pada umumnya.

 

Qualified Opinion adalah pendapat akuntan publik yang menyatakan secara umum laporan keuangan telah disajikan secara wajar sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang lazim berlaku dan diterapkan secara konsisten dengan tahun sebelumnya tetapi disertai keberatan-keberatan atas masalah-masalah yang tidak material.

 

Penggunaan makna istilah Qualified Opinion sendiri dalam perpajakan merujuk pada pendapat auditor yang diberikan dalam audit pajak. Pendapat ini diberikan ketika auditor memiliki beberapa kekhuatiran atau batasan terhadap informasi keuangan yang diaudit, tetapi bukan suatu kondisi di mana auditor tidak dapat menyatakan bahwa laporan keuangan adalah wajar dan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum.

Beberapa situasi di mana Qualified Opinion mungkin diberikan dalam audit perpajakan melibatkan:

  1. Ketidakpastian dalam Kepatuhan Pajak: Jika auditor menemukan ketidakpastian dalam kepatuhan perusahaan dengan aturan dan regulasi pajak, ini dapat menyebabkan pendapat yang terkualifikasi.
  2. Ketidakpastian dalam Pencatatan Pajak: Jika auditor tidak dapat mendapatkan keyakinan yang memadai tentang pencatatan pajak atau ketepatan estimasi perusahaan terkait dengan pajak tertentu, ini dapat menyebabkan pendapat yang terkualifikasi.
  3. Ketidakpastian dalam Pemenuhan Persyaratan Hukum: Jika perusahaan menghadapi risiko hukum yang signifikan terkait dengan masalah pajak, ini juga dapat menjadi dasar untuk pendapat yang terkualifikasi.

 

Semoga penjelasan definisi kosakata Qualified Opinion dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda dalam berkomunikasi secara lisan atau tertulis.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *