Penjelasan Pengertian Makna Arti Pajak Penghasilan Pasal 22 (PPh. 22) adalah

Pajak Penghasilan Pasal 22 (PPh. 22) dalam Kamus Istilah Dunia Perpajakan untuk Wajib Pajak & Konsultan Pajak di Indonesia, maka Pajak Penghasilan Pasal 22 (PPh. 22)  merupakan bahasa yang paling sering digunakan oleh para pelaku perpajakan baik akuntansi, bea dan cukai, serta peradilan pajak disertai dengan penjelasan. Dan kata-kata Pajak Penghasilan Pasal 22 (PPh. 22) tersebut jarang sekali dimengerti & digunakan oleh sebagian banyak orang pada umumnya.

 

Pajak atas penghasilan yang dipungut oleh:

  • Bendaharawan pemerintah sehubungan dengan pem- bayaran atas penyerahan barang,
  • Badan-badan tertentu, baik pemerintah maupun swas ta, berkenaan dengan kegiatan di bidang impor atau kegiatan usaha di bidang lain.

 

Penggunaan makna istilah Pajak Penghasilan Pasal 22 (PPh. 22) sendiri dalam perpajakan adalah  ketentuan perpajakan di Indonesia yang mengatur tentang pemotongan pajak penghasilan atas penghasilan yang diterima oleh wajib pajak yang bukan merupakan pegawai. PPh 22 umumnya berlaku untuk transaksi penyerahan barang atau jasa tertentu yang dilakukan oleh pemungut pajak, yang pada umumnya adalah perusahaan atau badan usaha.

Berikut adalah beberapa hal yang terkait dengan PPh 22 dalam perpajakan di Indonesia:

  1. Subyek Pajak:PPh 22 berlaku untuk perusahaan atau badan usaha yang melakukan transaksi penyerahan barang atau jasa tertentu kepada pihak lain.
  2. Objek Pajak:Objek pajak PPh 22 adalah penghasilan bruto yang diterima dari penyerahan barang atau jasa. Pajak ini dikenakan atas penjualan barang atau jasa yang termasuk dalam kategori tertentu yang diatur dalam undang-undang perpajakan.
  3. Mekanisme Pemotongan:Pemotongan PPh 22 dilakukan oleh pemungut pajak pada saat terjadinya transaksi penyerahan barang atau jasa. Pemotongan ini dilakukan dengan menggunakan tarif pajak yang berlaku.
  4. Tarif Pajak:Tarif pajak PPh 22 dapat bervariasi tergantung pada jenis barang atau jasa yang diterima. Tarif ini umumnya bersifat tetap atau dapat berubah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

 

Semoga penjelasan definisi kosakata Pajak Penghasilan Pasal 22 (PPh. 22)  dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda dalam berkomunikasi secara lisan atau tertulis.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *