Penjelasan Pengertian Makna Arti Intangible Assets adalah

Intangible Assets dalam Kamus Istilah Dunia Perpajakan untuk Wajib Pajak & Konsultan Pajak di Indonesia, maka Intangible Assets merupakan kata kata bahasa yang paling sering digunakan oleh para pelaku perpajakan baik akuntansi, bea dan cukai, serta peradilan pajak disertai dengan penjelasan. Dan kata-kata Intangible Assets tersebut jarang sekali dimengerti & digunakan oleh sebagian banyak orang pada umumnya.

Hak istimewa yang dimiliki dan memberikan masa manfaat ekonomi kepada perusahaan, yaitu hak paten, hak cipta, merek dagang, goodwill dan franchise.

Penggunaan makna istilah Intangible Assets sendiri dalam perpajakan adalah untuk merujuk pada aset yang tidak berwujud atau tidak berbentuk fisik dan tidak dapat dilihat atau disentuh secara langsung. Aset ini memiliki nilai ekonomi tetapi tidak memiliki bentuk fisik yang dapat diraba atau dilihat. Beberapa contoh intangible assets meliputi hak cipta, merek dagang, paten, lisensi, dan goodwill.

Dalam konteks perpajakan, intangible assets dapat memiliki implikasi yang berbeda-beda:

  1. Amortisasi:
    • Intangible assets seperti hak cipta, paten, atau merek dagang biasanya dapat diamortisasi atau dikurangkan sebagian nilainya setiap tahun selama masa manfaatnya. Pengurangan ini dapat mempengaruhi pendapatan kena pajak.
  2. Pengakuan Pajak atas Penghasilan dari Intangible Assets:
    • Penghasilan yang diperoleh dari penggunaan atau penjualan intangible assets dapat tunduk pada pajak penghasilan. Aturan perpajakan mungkin memperhitungkan secara khusus penghasilan yang berasal dari aset tak berwujud.
  3. Perlakuan Pajak atas Goodwill:
    • Goodwill, yang mencerminkan nilai merek dan reputasi perusahaan, sering kali dihasilkan dari akuisisi bisnis. Aturan perpajakan mungkin mengatur perlakuan khusus untuk amortisasi goodwill atau mengharuskan pengujian impairment secara berkala.
  4. Pajak atas Transfer Intangible Assets:
    • Pajak dapat dikenakan pada transfer intangible assets antar perusahaan atau entitas hukum. Aturan perpajakan biasanya mengatur nilai transfer dan perlakuan pajak atas keuntungan atau kerugian dari transfer tersebut.
  5. Pajak atas Royalti dan Lisensi:
    • Intangible assets yang melibatkan pembayaran royalti atau lisensi dapat tunduk pada pajak khusus. Pajak dapat dikenakan pada pendapatan yang diterima atau biaya yang dibayarkan terkait dengan penggunaan aset tersebut.

Semoga penjelasan definisi kosakata Intangible Assets dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda dalam berkomunikasi secara lisan atau tertulis.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *