Penjelasan Pengertian Makna Arti Transfer Pricing adalah

Transfer Pricing dalam Kamus Istilah Dunia Perpajakan untuk Wajib Pajak & Konsultan Pajak di Indonesia, makaTransfer Pricing merupakan bahasa yang paling sering digunakan oleh para pelaku perpajakan baik akuntansi, bea dan cukai, serta peradilan pajak disertai dengan penjelasan. Dan kata-kata Transfer Pricing tersebut jarang sekali dimengerti & digunakan oleh sebagian banyak orang pada umumnya.

Penentuan harga dalam transaksi antara pihak-pihak yang mempunyai hubungan istimewa. Tujuan utama dari transfer pricing sesungguhnya adalah untuk mengevaluasi dan mengukur kinerja perusahaan, namun dalam perkembangan selanjutnya seiring dengan kemajuan perusahaan menjadi perusahaan multinasional, maka lazimnya suatu perusahaan akan mencari cara untuk meningkatkan laba atau setidanya efisiensi dalam
pengeluaran. Dengan maksud itu banyak perusahaan multinasional yang melakukan praktik transfer pricing. Praktik transfer pricing biasanya terjadi dalam transaksi antar perusahaan yang mempunyai hubungan istimewa, namun berada di negara yang berbeda.

Transaksi dalam praktik transfer pricing ini biasanya meliputi penjualan barang dan jasa, pemberian pinjaman, lisensi harta tak berwujud lainnya, dan sebagainya dengan harga khusus yang direkayasa. Melalui transfer pricing tersebut, perusahaan multinasional dapat menggeser kewajiban perpajakannya dari anggota grup perusahaannya yang berdomisili di negara-negara yang menetapkan tarif pajak yang lebih tinggi (high tax country) ke anggota grup perusahaannya yang berdomisili di negara-negara yang menetapkan tarif pajak yang lebih rendah (low tax country). Dengan praktik transfer pricing ini, suatu perusahaan multinasional yang berkedudukan di negara yang tarif pajanya tinggi akan melaporkan rugi, sehingga tidak perlu membayar pajak.

Penggunaan makna istilah Transfer Pricing sendiri dalam perpajakan adalah untuk praktik menentukan harga untuk transfer barang, jasa, atau hak kekayaan intelektual antara entitas yang berada di bawah kendali atau kepemilikan yang sama, seperti anak perusahaan, cabang, atau unit bisnis yang beroperasi di negara atau yurisdiksi yang berbeda. Transfer Pricing mencakup harga yang ditetapkan untuk transaksi antar bagian internal suatu perusahaan.

Penggunaan makna Transfer Pricing dalam perpajakan melibatkan beberapa aspek, dan tidak secara langsung terkait dengan kewajiban pajak (liability), tetapi dapat memiliki dampak pada perhitungan pendapatan kena pajak dan kepatuhan perpajakan. Beberapa hal terkait Transfer Pricing dalam perpajakan melibatkan:

  1. Penentuan Harga Transfer: Perusahaan yang beroperasi di beberapa yurisdiksi seringkali harus menetapkan harga transfer untuk transaksi internal mereka. Ini mencakup penentuan harga untuk barang atau jasa yang diperdagangkan antar entitas dalam kelompok perusahaan.
  2. Pendekatan Arm’s Length Principle: Banyak yurisdiksi menerapkan prinsip arm’s length dalam penilaian Transfer Pricing. Prinsip ini mengharuskan agar harga transfer antar entitas internal setara dengan harga yang akan diterapkan dalam transaksi antara pihak-pihak independen.
  3. Penghindaran Pajak: Beberapa perusahaan mungkin menggunakan Transfer Pricing sebagai alat untuk mengoptimalkan keberadaan pajak mereka. Ini dapat melibatkan penyesuaian harga transfer untuk menggeser laba atau kerugian antar yurisdiksi dengan tarif pajak yang berbeda.
  4. Kepatuhan Perpajakan: Wajib pajak perlu memastikan bahwa kebijakan Transfer Pricing mereka mematuhi aturan perpajakan yang berlaku. Ini dapat mencakup dokumentasi yang memadai dan pemahaman yang jelas terhadap peraturan Transfer Pricing yang berlaku.
  5. Audit Pajak dan Penilaian: Otoritas pajak dapat melakukan audit untuk menilai kepatuhan Transfer Pricing. Jika dianggap bahwa harga transfer tidak sesuai dengan prinsip arm’s length, wajib pajak dapat dikenakan perubahan penilaian dan mungkin dikenai sanksi atau denda.
  6. Penting untuk Perencanaan Pajak: Perusahaan yang beroperasi di berbagai yurisdiksi perlu memahami implikasi perpajakan dari kebijakan Transfer Pricing mereka dan mempertimbangkan dampaknya dalam perencanaan pajak secara keseluruhan.

Semoga penjelasan definisi kosakata Transfer Pricing dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda dalam berkomunikasi secara lisan atau tertulis.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *