Penjelasan Pengertian Makna Arti Pajak yang Terutang adalah

Pajak yang Terutang dalam Kamus Istilah Dunia Perpajakan untuk Wajib Pajak & Konsultan Pajak di Indonesia, maka Pajak yang Terutang merupakan bahasa yang paling sering digunakan oleh para pelaku perpajakan baik akuntansi, bea dan cukai, serta peradilan pajak disertai dengan penjelasan. Dan kata-kata Pajak yang Terutang tersebut jarang sekali dimengerti & digunakan oleh sebagian banyak orang pada umumnya.

 

Pajak yang harus dibayar pada suatu saat, dalam Masa Pajak, dalam tahun Pajak, atau dalam Bagian Tahun Pajak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

 

Penggunaan makna istilah Pajak yang Terutang sendiri dalam perpajakan adalah  jumlah pajak yang harus dibayar oleh wajib pajak kepada otoritas pajak. Pajak yang terutang adalah jumlah yang dihitung berdasarkan aturan perpajakan yang berlaku dan dikenakan pada pendapatan atau kegiatan tertentu yang menjadi objek pajak.

Berikut adalah penggunaan istilah pajak yang terutang dalam perpajakan:

  1. Perhitungan Pajak: Pajak yang terutang dihitung berdasarkan berbagai faktor, tergantung pada jenis pajak dan aturan perpajakan yang berlaku. Misalnya, pada Pajak Penghasilan, jumlah pajak yang terutang dapat dihitung sebagai persentase tertentu dari penghasilan kena pajak setelah memperhitungkan potongan-potongan tertentu.
  2. Pemenuhan Kewajiban Pajak: Wajib pajak memiliki kewajiban untuk menghitung, melaporkan, dan membayar pajak yang terutang kepada otoritas pajak sesuai dengan jadwal dan prosedur yang ditetapkan. Ini sering melibatkan penyampaian laporan pajak yang memperinci informasi yang relevan untuk perhitungan pajak.
  3. Jatuh Tempo Pembayaran: Setiap pajak yang terutang biasanya memiliki tanggal jatuh tempo pembayaran yang ditetapkan oleh otoritas pajak. Keterlambatan pembayaran dapat mengakibatkan denda atau bunga tambahan.
  4. Pajak yang Beragam: Pajak yang terutang dapat mencakup berbagai jenis pajak, seperti Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dan lain sebagainya, tergantung pada jenis kegiatan atau sumber pendapatan yang menjadi objek pajak.

Semoga penjelasan definisi kosakata Pajak yang Terutang dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda dalam berkomunikasi secara lisan atau tertulis.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *