Penjelasan Pengertian Makna Arti Multilateral or Bilateral competent authority agreement adalah

Multilateral or Bilateral competent authority agreement dalam Kamus Istilah Dunia Perpajakan untuk Wajib Pajak & Konsultan Pajak di Indonesia, maka Multilateral or Bilateral competent authority agreement merupakan kata kata bahasa yang paling sering digunakan oleh para pelaku perpajakan baik akuntansi, bea dan cukai, serta peradilan pajak disertai dengan penjelasan. Dan kata-kata Multilateral or Bilateral competent authority agreement tersebut jarang sekali dimengerti & digunakan oleh sebagian banyak orang pada umumnya

Multilateral or Bilateral competent authority agreement adalah persetujuan antar pejabat yang berwenang yang bersifat multilateral atau bilateral

Penggunaan makna istilah Multilateral or Bilateral competent authority agreement sendiri dalam perpajakan adalah untuk merujuk pada perjanjian antara dua otoritas pajak (negara atau yurisdiksi) yang menetapkan kerangka kerja untuk pertukaran informasi perpajakan. Pertukaran informasi perpajakan bertujuan untuk mencegah penghindaran pajak dan evasi pajak dengan memungkinkan negara atau yurisdiksi untuk saling bertukar data terkait perpajakan.

Dalam konteks pertukaran informasi perpajakan, ada dua jenis perjanjian yang umumnya dikenal: Multilateral Competent Authority Agreement (MCAA) dan Bilateral Competent Authority Agreement (BCAA).

  1. Multilateral Competent Authority Agreement (MCAA):
    • Pengertian: MCAA adalah perjanjian yang melibatkan lebih dari dua pihak atau negara. Dalam hal ini, sekelompok negara atau yurisdiksi setuju untuk bekerja sama dan saling bertukar informasi perpajakan.
    • Penggunaan dalam Perpajakan: MCAA memungkinkan negara-negara yang terlibat untuk mendefinisikan prosedur dan kerangka kerja pertukaran informasi perpajakan secara bersama-sama. Ini dapat mencakup persetujuan terkait standar pelaporan, prosedur pengajuan permintaan informasi, dan ketentuan lainnya yang berkaitan dengan pertukaran informasi perpajakan.
  2. Bilateral Competent Authority Agreement (BCAA):
    • Pengertian: BCAA adalah perjanjian antara dua pihak atau negara. Dalam hal ini, dua negara sepakat untuk saling bertukar informasi perpajakan.
    • Penggunaan dalam Perpajakan: BCAA memberikan kerangka kerja khusus antara dua negara untuk pertukaran informasi perpajakan. Negara-negara ini dapat menentukan aspek-aspek teknis, jangka waktu, dan ketentuan lainnya terkait dengan pertukaran informasi.

Penggunaan MCAA dan BCAA dalam perpajakan bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan kerja sama internasional dalam pencegahan penghindaran pajak dan evasi pajak. Hal ini sering kali terkait dengan inisiatif internasional seperti Common Reporting Standard (CRS) yang menetapkan standar pelaporan keuangan antar negara untuk mengidentifikasi dan melacak akun keuangan yang dimiliki oleh wajib pajak di luar yurisdiksi asal mereka

Semoga penjelasan definisi kosakata {keyword} dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda dalam berkomunikasi secara lisan atau tertulis


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *