Penjelasan Pengertian Makna Arti Listing

Listing dalam Kamus Istilah Dunia Perpajakan untuk Wajib Pajak & Konsultan Pajak di Indonesia, maka listing merupakan bahasa yang paling sering digunakan oleh para pelaku perpajakan baik akuntansi, bea dan cukai, serta peradilan pajak disertai dengan penjelasan. Dan kata-kata listing tersebut jarang sekali dimengerti & digunakan oleh sebagian banyak orang pada umumnya.

Listing merupakan pendaftaran sekuritas di bursa untuk dapat diperdagangkan menurut peraturan yang berlaku.

Berikut adalah beberapa poin terkait dengan penggunaan istilah Listing dalam konteks perpajakan:

  1. Pajak atas Keuntungan Modal:
    • Pencatatan saham entitas di bursa efek dapat mempengaruhi perlakuan pajak atas keuntungan modal. Pajak keuntungan modal yang diperoleh dari penjualan saham dapat bergantung pada berbagai faktor, termasuk durasi kepemilikan saham.
  2. Dividen dan Pajak Penghasilan:
    • Bagi pemegang saham, pencatatan dapat memengaruhi pajak atas dividen yang diterima. Aturan perpajakan mungkin memberikan perlakuan khusus terkait dengan dividen yang berasal dari entitas yang tercatat.
  3. Pajak Penghasilan Badan Usaha:
    • Pencatatan entitas di bursa efek dapat mempengaruhi perlakuan pajak penghasilan badan usaha. Persyaratan dan tarif pajak dapat bervariasi tergantung pada struktur perusahaan dan undang-undang perpajakan setempat.
  4. Ketentuan Pajak Penghasilan Saham atau Instrumen Keuangan:
    • Pajak penghasilan yang dikenakan pada pemegang saham atau pemegang instrumen keuangan tertentu dapat dipengaruhi oleh status pencatatan entitas atau instrumen tersebut di bursa efek.
  5. Pajak Transaksi dan Biaya Pencatatan:
    • Pencatatan dapat berdampak pada pajak transaksi atau biaya terkait dengan proses pencatatan itu sendiri. Beberapa yurisdiksi mungkin memberikan perlakuan khusus terkait dengan biaya pencatatan dalam perhitungan pajak.

Semoga penjelasan definisi listing dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda dalam pengetahuan istilah dunia perpajakan di Indonesia.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *