Penjelasan Pengertian Makna Arti Harga Transfer adalah

Harga Transfer dalam Kamus Istilah Dunia Perpajakan untuk Wajib Pajak & Konsultan Pajak di Indonesia, Maka Harga Transfer merupakan kata kata bahasa yang paling sering digunakan oleh para pelaku perpajakan baik akuntansi, bea dan cukai, serta peradilan pajak disertai dengan penjelasan. Dan kata kata Harga Transfer tersebut jarang sekali dimengerti & digunakan oleh Sebagian Banyak Orang pada umumnya.

Penentuan harga dalam transaksi antara pihak-pihak yang mempunyai hubungan istimewa.

Tujuan utama dari harga transfer sesungguhnya adalah untuk mengevaluasi dan mengukur kinerja perusahaan, namun dalam perkembangan selanjutnya seiring dengan kemajuan perusahaan menjadi perusahaan multinasional, maka lazimnya suatu perusahaan akan mencari cara untuk meningkatkan laba atau setidaknya efisiensi dalam pengeluaran, dengan maksud itu banyak perusahaan mul- tinasional yang melakukan praktik harga transfer.

Praktik harga transfer biasanya terjadi dalam transaksi antar perusahaan yang mempunyai hubungan istimewa, namun berada di negara yang berbeda.

Transaksi dalam praktik harga transfer ini biasanya meliputi penjualan barang dan jasa, pemberian pinjaman, lisensi harta tak berwujud lainnya, dan sebagainya dengan harga khusus yang direkayasa.

Melalui harga transfer tersebut, perusahaan multinasional dapat menggeser kewajiban perpajakannya dari anggota grup perusahaan yang berdomisili di negara-negara yang menetapkan tarif pajak yang lebih tinggi (high tax country) ke anggota grup perusahaannya yang berdomisili di negara-negara yang menetapkan tarif pajak lebih rendah (low tax country). Dengan praktik harga transfer ini, suatu perusahaan multinasional yang berkedudukan di negara yang tarif pajaknya tinggi akan melaporkan rugi, sehingga tidak perlu membayar pajak.

Dasar hukum:

Pasal 18 ayat (3) Undang-Undang Republik Indonesia No- mor 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Undang Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2008

Harga transfer merujuk pada harga yang digunakan dalam proses transfer barang atau jasa antara dua entitas yang berada di bawah kendali perusahaan yang sama, tetapi berlokasi di yurisdiksi perpajakan yang berbeda. Dalam konteks perpajakan, harga transfer digunakan untuk menentukan laba atau kerugian yang dilaporkan oleh setiap entitas yang terlibat.

Penggunaan makna harga transfer dalam perpajakan memiliki beberapa tujuan utama:

  1. Penghindaran Pemindahan Keuntungan (Profit Shifting): Perusahaan seringkali memiliki anak perusahaan atau entitas terkait di berbagai yurisdiksi. Dengan menetapkan harga transfer yang sesuai, perusahaan dapat memanipulasi lokasi laba untuk mengurangi beban pajak mereka di negara dengan tarif pajak tinggi dan meningkatkan laba di negara dengan tarif pajak rendah.
  2. Kepatuhan Perpajakan: Menggunakan harga transfer yang wajar dan adil membantu perusahaan mematuhi peraturan perpajakan yang berlaku di berbagai yurisdiksi. Negara-negara biasanya menuntut agar harga transfer mencerminkan harga yang akan diterapkan dalam transaksi antara pihak yang independen.
  3. Perbandingan dan Penilaian Kinerja Entitas: Harga transfer juga dapat digunakan untuk menilai kinerja entitas yang berbeda dalam suatu perusahaan. Dengan membandingkan hasil finansial entitas yang berbeda, manajemen dapat mengambil keputusan yang lebih baik terkait alokasi sumber daya dan strategi bisnis.
  4. Mencegah Sengketa Pajak: Dengan menggunakan harga transfer yang dapat dipertanggungjawabkan dan sesuai dengan prinsip-prinsip perpajakan internasional, perusahaan dapat mengurangi risiko sengketa pajak dengan otoritas pajak.

Penting untuk dicatat bahwa harga transfer harus sesuai dengan prinsip-prinsip arm’s length, yang berarti harga tersebut seharusnya mencerminkan harga yang akan diterapkan dalam transaksi serupa antara pihak yang independen. Untuk itu, banyak negara telah mengadopsi pedoman Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) sebagai dasar dalam menentukan harga transfer yang wajar dan adil.

Semoga penjelasan definisi kosakata Harga Transfer dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda dalam berkomunikasi secara lisan atau tertulis.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *