Penjelasan Pengertian Makna Arti Fiscal Sustainability adalah

Fiscal Sustainability dalam Kamus Istilah Dunia Perpajakan untuk Wajib Pajak & Konsultan Pajak di Indonesia, maka Fiscal Sustainability merupakan kata kata bahasa yang paling sering digunakan oleh para pelaku perpajakan baik akuntansi, bea dan cukai, serta peradilan pajak disertai dengan penjelasan. Dan kata-kata Fiscal Sustainability tersebut jarang sekali dimengerti & digunakan oleh sebagian banyak orang pada umumnya.

 

Kemampuan pemerintah dalam menjaga kelangsungan fiskal dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk mendukung program-program pemerintah.

 

Penggunaan makna istilah Fiscal Sustainability sendiri dalam perpajakan adalah

kemampuan suatu pemerintah untuk menjaga keseimbangan fiskal dalam jangka panjang tanpa mengakibatkan masalah ekonomi atau keuangan yang serius. Dalam konteks perpajakan, Fiscal Sustainability mencakup sejumlah faktor yang berkaitan dengan penerimaan dan pengeluaran fiskal pemerintah.

Berikut adalah beberapa aspek yang terkait dengan penggunaan makna istilah Fiscal Sustainability dalam perpajakan:

  1. Keseimbangan Anggaran (Budget Balance): Pemerintah perlu memastikan bahwa penerimaan pajak mencukupi untuk menutupi pengeluaran, atau sebaliknya. Kebijakan perpajakan harus dirancang untuk menghindari defisit anggaran yang berkelanjutan, yang dapat menyebabkan penumpukan utang yang tidak terkendali.
  2. Struktur Pajak yang Berkelanjutan: Sistem perpajakan harus dirancang dengan bijaksana agar dapat memberikan penerimaan yang cukup tanpa memberatkan ekonomi secara berlebihan. Kebijakan perpajakan yang adil dan efisien dapat membantu menjaga stabilitas fiskal jangka panjang.
  3. Pertumbuhan Ekonomi: Kebijakan perpajakan yang mendukung pertumbuhan ekonomi dapat meningkatkan penerimaan pajak tanpa perlu menaikkan tarif pajak secara signifikan. Pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dapat memberikan kontribusi positif terhadap fiscal sustainability.
  4. Manajemen Utang yang Bijaksana: Jika pemerintah perlu meminjam untuk menutupi defisit anggaran, manajemen utang yang baik diperlukan untuk mencegah akumulasi utang yang tidak terkendali. Pembayaran bunga dan pokok utang harus dapat diatasi oleh penerimaan pajak yang stabil.
  5. Evaluasi dan Reformasi Periodik: Kebijakan perpajakan dan fiskal harus dievaluasi secara teratur untuk memastikan bahwa mereka tetap sesuai dengan kondisi ekonomi dan keuangan yang berubah. Reformasi perpajakan dapat diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan keadilan, sekaligus memastikan fiscal sustainability.

Semoga penjelasan definisi kosakata Fiscal Sustainability dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda dalam berkomunikasi secara lisan atau tertulis


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *