Penjelasan Pengertian Makna Arti Balance Sheet adalah

Balance Sheet dalam Kamus Istilah Dunia Perpajakan untuk Wajib Pajak & Konsultan Pajak di Indonesia, Maka Balance Sheet merupakan kata kata bahasa yang paling sering digunakan oleh para pelaku perpajakan baik akuntansi, bea dan cukai, serta peradilan pajak disertai dengan penjelasan. Dan kata-kata Balance Sheet tersebut jarang sekali dimengerti & digunakan oleh sebagian banyak orang pada umumnya.

 

Balance Sheet adalah laporan keuangan yang mencakup aset, kewajiban, dan modal.

 

Penggunaan makna istilah Balance Sheet sendiri dalam perpajakan adalah salah satu laporan keuangan utama yang menyajikan gambaran posisi keuangan suatu entitas pada suatu titik waktu tertentu. Neraca menyajikan aset, kewajiban, dan ekuitas pemilik suatu perusahaan. Meskipun Neraca tidak langsung terkait dengan perpajakan, informasi yang terdapat di dalamnya dapat berdampak pada perhitungan pajak dan kepatuhan perpajakan. Berikut adalah cara Neraca dapat terkait dengan perpajakan:

  1. Aset dan Pajak Tangguhan: Aset yang terdaftar di Neraca, seperti piutang atau properti, dapat memengaruhi perhitungan aset yang dapat dikenakan pajak. Pajak tangguhan juga dapat muncul sebagai bagian dari kewajiban atau aset pajak tangguhan.
  2. Ekuitas dan Modal yang Tidak Tertagih: Bagian ekuitas Neraca mencakup modal pemilik dan laba yang ditahan. Keuntungan yang diakumulasi di Neraca dapat mempengaruhi pajak yang harus dibayarkan ketika laba dicairkan atau dividen dibayarkan.
  3. Kewajiban dan Beban Bunga: Kewajiban yang terdaftar di Neraca dapat memengaruhi perhitungan beban bunga yang dapat dikurangkan dari pendapatan kena pajak. Beban bunga dapat berdampak pada penghasilan bersih yang akhirnya digunakan untuk menghitung pajak penghasilan.
  4. Nilai Wajar Aset dan Liabilitas: Jika ada penurunan nilai aset tertentu, hal ini dapat memengaruhi nilai wajar bersih aset yang mungkin memiliki dampak pajak. Pajak mungkin dikenakan pada keuntungan atau kerugian yang timbul dari penurunan nilai.
  5. Transaksi Aset atau Liabilitas: Jika terjadi penjualan atau pelepasan aset atau kewajiban tertentu, perubahan dalam komposisi Neraca dapat memengaruhi perhitungan pajak atas keuntungan atau kerugian yang dihasilkan dari transaksi tersebut.
  6. Pajak Penghasilan Terkait Pajak Tangguhan: Neraca menyediakan informasi tentang pajak tangguhan yang dapat memengaruhi perhitungan pajak penghasilan. Penyesuaian Neraca dapat diperlukan untuk memastikan konsistensi antara perpajakan dan pelaporan keuangan.

Semoga penjelasan definisi kosakata Balance Sheet dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda dalam berkomunikasi secara lisan atau tertulis.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *