Penjelasan Pengertian Makna Arti Asas Sumber

Asas Sumber dalam Kamus Istilah Dunia Perpajakan untuk Wajib Pajak & Konsultan Pajak di Indonesia, maka asas sumber merupakan kata kata bahasa yang paling sering digunakan oleh para pelaku perpajakan baik akuntansi, bea dan cukai, serta peradilan pajak disertai dengan penjelasan. Dan kata-kata asas sumber tersebut jarang sekali dimengerti & digunakan oleh sebagian banyak orang pada umumnya.

Asas Sumber merupakan asas di mana suatu negara berhak mengenakan pajak atas penghasilan yang bersumber dari dalam wilayahnya, tanpa memperhatikan domisili atau tempat tinggal Wajib Pajak.

Penggunaan makna istilah asas sumber dalam perpajakan adalah untuk:

  1. Penetapan Yurisdiksi Pajak: Asas sumber membantu menetapkan yurisdiksi pajak suatu negara atas kegiatan atau pendapatan yang dihasilkan di dalam wilayahnya. Negara memiliki hak untuk memungut pajak atas sumber pendapatan yang berasal dari dalam negeri.
  2. Pendapatan dari Sumber di Dalam Negeri: Negara menerapkan asas sumber untuk memungut pajak atas pendapatan yang dihasilkan dari kegiatan atau aset yang berlokasi di dalam wilayah hukumnya, seperti penjualan barang atau jasa di dalam negeri.
  3. Pajak atas Pendapatan Bisnis: Asas sumber dapat berlaku pada pendapatan bisnis, seperti laba perusahaan yang dihasilkan dari operasi yang dilakukan di dalam wilayah negara tersebut.
  4. Pajak atas Pendapatan Investasi: Investasi dan keuntungan investasi yang dihasilkan di dalam wilayah suatu negara dapat dikenakan pajak berdasarkan asas sumber.
  5. Kriteria Lokasi Fisik: Prinsip ini seringkali terkait dengan kriteria lokasi fisik di mana kegiatan atau aset yang menjadi sumber pendapatan tersebut berada.
  6. Pajak atas Kapital: Asas sumber dapat diterapkan pada pendapatan yang berasal dari aset atau investasi berlokasi di dalam wilayah negara, termasuk pendapatan dari keuntungan kapital.
  7. Pajak atas Transaksi Penjualan: Transaksi penjualan barang atau jasa yang terjadi di dalam wilayah suatu negara dapat dikenakan pajak berdasarkan asas sumber.
  8. Pendapatan Asing yang Dikenakan Pajak: Negara mungkin memperhitungkan pendapatan yang dihasilkan oleh penduduknya di luar negeri tetapi dikenakan pajak berdasarkan asas sumber jika sumber pendapatannya berada di dalam wilayah negara tersebut.

Prinsip asas sumber biasanya diterapkan untuk memastikan bahwa negara memiliki hak untuk memungut pajak atas kegiatan dan pendapatan yang terjadi di dalam batas wilayahnya, mendukung pembiayaan pelayanan publik dan infrastruktur negara. Semoga penjelasan definisi kosakata asas sumber dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda dalam dunia perpajakan di Indonesia.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *