Penjelasan Pengertian Makna Arti Arm’s Length Principle (ALP)

Arm’s Length Principle (ALP) dalam Kamus Istilah Dunia Perpajakan untuk Wajib Pajak & Konsultan Pajak di Indonesia, Maka arm’s length principle (ALP) merupakan kata kata bahasa yang paling sering digunakan oleh para pelaku perpajakan baik akuntansi, bea dan cukai, serta peradilan pajak disertai dengan penjelasan. Dan kata kata arm’s length principle (ALP) tersebut jarang sekali dimengerti & digunakan oleh sebagian banyak orang pada umumnya.

Arm’s Length Principle (ALP) atau Prinsip Kewajaran dan Kelaziman Usaha merupakan prinsip yang mengatur bahwa apabila kondisi dalam transaksi yang dilakukan antara pihak-pihak yang mempunyai hubungan istimewa sama atau sebanding dengan kondisi dalam transaksi yang dilakukan antara pihak-pihak yang tidak mempunyai hubungan istimewa yang menjadi pembanding, maka harga atau laba dalam transaksi yang dilakukan antara pihak-pihak yang mempunyai hubungan istimewa harus sama dengan atau berada dalam rentang harga atau laba dalam transaksi yang dilakukan antara pihak-pihak yang tidak mempunyai hubungan istimewa yang menjadi pembanding.

Dasar hukum:
– Pasal 18 ayat (4) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan se bagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2008;
– Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-32/ PJ/2011 tentang Perubahan Atas Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-43/PJ/2010 tentang Pene rapan Prinsip Kewajaran dan Kelaziman Usaha dalam Transaksi Antara Wajib Pajak dengan Pihak yang Menpunyai Hubungan Istimewa.

Penggunaan makna Arm’s Length Principle dalam perpajakan adalah untuk:

  1. Pencegahan Penghindaran Pajak (Tax Avoidance): ALP digunakan untuk mencegah praktik penghindaran pajak di mana entitas berafiliasi mencoba mengalihkan keuntungan atau kerugian melalui penetapan harga transaksi yang tidak sesuai dengan nilai pasar.
  2. Penentuan Nilai Wajar: ALP membantu menentukan nilai wajar dari barang, jasa, atau hak yang diperdagangkan antara entitas berafiliasi. Nilai wajar ini menjadi dasar perhitungan pendapatan atau beban perusahaan dan dapat memengaruhi kewajiban pajak.
  3. Kepatuhan Peraturan Pajak: Penerapan ALP membantu perusahaan untuk mematuhi peraturan pajak dan menghindari sanksi atau konsekuensi hukum yang mungkin timbul karena penetapan harga yang tidak sesuai dengan prinsip ini.
  4. Penghindaran Transfer Pricing: Transfer pricing adalah praktik yang melibatkan penentuan harga yang tidak wajar dalam transaksi antara entitas berafiliasi untuk mengurangi kewajiban pajak. ALP digunakan untuk mencegah penghindaran transfer pricing dan memastikan bahwa harga yang diterapkan sesuai dengan pasar terbuka.
  5. Pencegahan Pemindahan Keuntungan: ALP membantu dalam pencegahan pemindahan keuntungan atau kerugian antara entitas berafiliasi untuk mengoptimalkan kewajiban pajak di berbagai yurisdiksi.
  6. Laporan Dokumentasi Pajak: Perusahaan biasanya diwajibkan untuk menyusun dokumentasi transfer pricing yang mencantumkan penerapan ALP sebagai bagian dari kepatuhan perpajakan. Ini melibatkan pembuktian bahwa transaksi dengan entitas berafiliasi dilakukan sebagaimana mestinya.
  7. Penilaian Risiko Pajak: Penerapan ALP membantu perusahaan dalam menilai risiko pajak yang mungkin timbul akibat praktik transfer pricing yang tidak sesuai dengan prinsip ini.
  8. Penanganan Sengketa Pajak: Jika terjadi sengketa pajak terkait transfer pricing, penerapan ALP dapat menjadi dasar untuk membela kebijakan harga yang diterapkan oleh perusahaan.

Dengan menerapkan Arm’s Length Principle, pemerintah dan otoritas pajak dapat memastikan bahwa perusahaan membayar pajak sesuai dengan nilai pasar yang adil dan meminimalkan risiko penyalahgunaan transfer pricing. Penerapan ALP memberikan transparansi, keadilan, dan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip perpajakan yang berlaku. Semoga penjelasan definisi kosakata arm’s length principle (ALP) dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda dalam dunia perpajakan di Indonesia.

 


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *