Penjelasan Pengertian Makna Arti Account Receivable adalah

Account Receivable dalam Kamus Istilah Dunia Perpajakan untuk Wajib Pajak & Konsultan Pajak di Indonesia, Maka Account Receivable merupakan kata kata bahasa yang paling sering digunakan oleh para pelaku perpajakan baik akuntansi, bea dan cukai, serta peradilan pajak disertai dengan penjelasan. Dan kata kata Account Receivable tersebut jarang sekali dimengerti & digunakan oleh Sebagian Banyak Orang pada umumnya.

Account Receivable adalah piutang usaha atau hak perusahaan yang timbul karena penjualan barang atau jasa pada pihak lain yang harus di- penuhi dalam waktu singkat.

Penggunaan makna istilah Account Receivable sendiri dalam perpajakan merujuk pada jumlah uang yang belum diterima oleh suatu perusahaan atau individu dari pelanggan atau pihak lainnya sebagai pembayaran atas barang atau jasa yang telah diberikan. Dalam konteks perpajakan, Account Receivable dapat memiliki beberapa implikasi:

  1. Pajak Penghasilan:
    • Jika perusahaan menggunakan metode pencatatan akrual, piutang usaha dapat mempengaruhi pendapatan yang dilaporkan pada laporan keuangan dan kewajiban pajak penghasilan yang harus dibayar. Meskipun belum ada uang tunai yang diterima, piutang usaha dapat dianggap sebagai pendapatan yang diterima.
  2. Penghitungan Laba Bersih:
    • Piutang usaha juga dapat mempengaruhi perhitungan laba bersih perusahaan, yang kemudian dapat memengaruhi jumlah pajak penghasilan yang harus dibayar.
  3. Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atau Pajak Penjualan:
    • Dalam beberapa yurisdiksi, PPN atau pajak penjualan mungkin berhubungan dengan penjualan atau penerimaan uang, dan piutang usaha dapat memainkan peran dalam perhitungan ini tergantung pada aturan perpajakan setempat.
  4. Pemotongan Piutang Tak Tertagih:
    • Pada saat penulisan, piutang usaha yang tidak dapat ditagih (piutang tak tertagih) dapat menjadi dasar untuk pemotongan fiskal. Pemotongan ini dapat membantu mengurangi kewajiban pajak perusahaan.

Penting untuk dicatat bahwa aturan perpajakan dan perlakuan piutang usaha dapat bervariasi di setiap yurisdiksi.

Semoga penjelasan definisi kosakata Account Receivable dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda dalam dunia perpajakan di Indonesia.

 


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *